Senin, 17 November 2014

"Sehat Bangsaku Sehat Negeriku"



Puncak dari peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 50 ini juga diadakan upacara bendera pada hari Rabu, 12 November 2014 di lapangan Kota Barat Surakarta. Hari Kesehatan Nasional “Emas” ini mengambil tema “Indonesia Cinta Sehat” dengan sub tema “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku”. Pemilihan tema ini mempunyai makna yang penting yaitu menjadikan budaya hidup sehat merupakan bagian  dari keseharian bangsa Indonesia, selain itu harapan bersama akan kondisi sehat untuk kita semua sebagai salah satu bangsa yang makin bermartabat.



Agenda pembangunan kesehatan tahun 2015-2019 adalah mewujudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap. Pengertian dasarnya adalah adanya setiap orang mendapatkan hak pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan ditempat pelayanan kesehatan yang terstandar, dilayani oleh tenaga kesehatan yang kompeten menggunakan standar pelayanan dengan biaya yang terjangkau, serta mendapatkan informasi yang adekuat atas kebutuhan pelayanan kesehatannya. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan kebersamaan pemahaman semua pemangku kepentingan, komitmen yang kuat dan kepemimpinan yang konsisten baik baik di tingkat nasional maupun ditingkat daerah.  Sesungguhnya pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan  hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.



Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang disampaikan oleh Wakil Walikota Surakarta, Menteri Kesehatan menyampaikan ajakannya kepada semua masyarakat Indonesia untuk saling bergandengan tangan, bahu membahu saling mendukung untuk mempertahankan hal-hal baik yang telah di capai bangsa Indonesia dan bekerja lebih keras lagi untuk mencapai target-terget pembangunan yang telah yang telah ditetapkan.




Usai pelaksanaan upacara HKN ke 50 ini Wakil Walikota kota Surakarta beserta Muspida Kota menyerahkan beberapa hadiah piala dan penghargaan kepada beberapa elemen masyarakat. Dilaksanakan pula simulasi bencana alam gempa bumi dari Poltekes Kementerian Kesehatan.



 Selain itu ditempat lain juga dilakukan dengan kegiatan donor darah bertempat di Ruang Rapat Dinkes Kota Surakarta.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar