Minggu, 16 November 2014

Kampanye Hidup Sehat HKN ke 50



Kegiatan Jalan Sehat Kampanye Hidup Sehat dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50 kota Surakarta diadakan pada hari Minggu tanggal 9 November 2014 dimulai pukul 08.00 (Start&Finish) bertempat di perempatan Ngarsopura, area Solo Car Free Day Jl. Slamet Riyadi ini dibuka oleh Bapak Walikota Surakarta Bp. FX.Rudyatmo.


Kegiatan Jalan Sehat ini sebagai bentuk sederhana dari kampanye hidup sehat yang bisa dipraktekkan langsung di masyarakat, selain sebagai olahraga yang ringan, resiko kecil tapi juga mempunyai manfaat yang sangat besar. Sebagai Walikota kota Surakarta Bp. FX. Rudyatmo juga tak lupa berpesan agar masyarakat bisa “waras”. Kata “waras dipilih bapak walikota ini karena kalau “sehat” bisa bermakna belum tentu “waras” tetapi apabila disebut “waras” maka mencakup keseluruhan baik jiwa maupun raga. Adanya tempat car free day juga dalam rangka turut memberikan tempat dimana masyarakat bisa berbaur serta secara aktif menggiatkan kesehatan maupun kegiatan sosial di masyarakat. 


Ikut juga berpartisipasi dalam kegiatan ini dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Pelayanan kesehatan se Kota Surakarta mulai dari Rumah Sakit, klinik Kesehatan, Klinik Laboratorium, organisasi profesi kesehatan baik IDI maupun PDGI, Bank se Kota Surakarta, organisasi Karang Taruna maupun PKK Kota Surakarta beserta keluarga masing-masing. Banyaknya peserta yang ikut bersama jalan sehat ini menunjukkan bahwa ternyata motivasi untuk hidup sehat di masyarakat mulai meningkat.

Hidup sehat menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas hidup, oleh karena itu perlu terus dikampanyekan supaya menjadi kebiasaan dalam masyarakat. Peran serta seluruh tenaga kesehatan dalam rangka ikut menyukseskan program kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah Republik Indonesia juga kesiapan tenaga medis sebagai penyedia jasa layanan kesehatan untuk pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional yang sudah  berlaku mulai tanggal 1 Januari 2014 masih perlu ditingkatkan.

Beberapa kelompok peserta juga mengenakan kostum beranekaragam , ada pula yang mewarnai wajahnya maupun tubuhnya disesuaikan dengan tema yang diusung atu pesan yang hendak disampaikan kepada masyarakat. Hal ini sangat menarik perhatian ribuan pengunjung Car Free Day (CFD) yang beraktivitas di ruas jalan utama Kota Solo.

Unjuk poster juga mewarnai jalan sehat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 di jalan Slamet Riyadi hari minggu 9November 2014, ada sekitar 400 poster yang dibawa para peserta. Rute jalan sehat dengan membawa poster ini dimulai dari kawasan Ngarsapura hingga Sriwedari dan sebaliknya. Sejumlah pesan dalam poster seperti “Gosoklah gigi”  “Stop HIV”  “BAB di Jamban yang sehat” dan masih banyak sekali tema-tema kesehatan yang disajikan sangat menarik.


Peringatan HKN yang bertema “Sehat Bangsaku, Sehat Negriku ini juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan, konsultasi kesehatan gratis, senam kebugaran, serta  menurut drg. Enny Setiawati juga diadakan talkshow kesehatan bersama dr. Andri Putranto, M.S.i mengambil judul “Pola Hidup Bersih Sehat” bertempat di Plaza Sriwedari.


Suguhan musik dan penyanyi juga memeriahkan serta mengajak joget atau goyang anggota PDGI yang hadir di car free day. Usai berjoget bersama PDGI berkesempatan untuk bersalaman langsung dan berfoto bersama dengan Walikota Surakarta Bapak FX.Rudyatmo. 
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar